MIN adalah fungsi yang ada pada microsoft office excel yang berfungsi untuk menghitung nilai terendah pada sebuah data. Dengan fungsi ini kita tidak perlu lagi melihat data dan mebandingkan nilai mana yang paling rendah karena microsoft excel akan mencarikan nilai terendah dan menampilkan pada cell yang anda inginkan.

Baca Juga: Cara Membuat Nilai Rata-rata (Fungsi AVERAGE) pada Microsoft Excel

Adapun manfaat dari fungsi ini adalah sebagai berikut:
  1. Menampilkan nilai terendah dalam satu kelas
  2. Menampilkan nilai terendah hasil penjualan
  3. Menampilkan nilai minimal dari semua data
  4. Menampilkan barang paling murah
Rumus umum untuk membuat nilai terendah/minimal pada microsoft office excel

=MIN(nilai_awal:nilai_akhir)

Penjelasan:
=MIN adalah fungsi untuk membuat nilai minimal
(nilai_awalnilai_akhir) adalah rentang nilai dari semua data yang akan di tampilkan nilai terendah dari semuda data

Baca Juga: Cara Menjumlahkan Angka Secara Otomatis (Fungsi SUM) Pada Microsoft Excel

Untuk lebih mudah memahami penggunaan fungsi MIN dan untuk menghitung nilai terendah, ikuti langkah berikut:

1. Siapkan data yang akan dihitung nilai terendahnya. saya memberikan contoh seperti pada gambar dibawah ini


2. Masukan rumus pada cell yang akn digunakan untuk menampilkan nilai minimal. Disini saya akan menempatkan nilai minimal pada cell C9, jadi klik pada cell C9 kemudian masukan rumus =MIN(nilai_awal:nilai_akhir).


3. Selanjutnya klik ENTER maka akan muncul nilai minimal dari data yang ada.
4. Dengan fungsi ini kita tidak perlu lagi membandingkan nilai satu per satu dari data yang ada. Karena nilai akan secara otomatis muncul. Semoga bermanfaat

Previous Post Next Post