WORDBND.COM - WordHacks. Bagi kamu yang suka nonton film atau video di YouTube pasti akrab dengan yang namanya subtitle. Penasaran gak, sih, bagaimana cara membuat subtitle di YouTube? Kali ini Jaka akan menghilangkan rasa penasaranmu.


Adanya subtitle membuat kita menjadi lebih memahami percakapan dari sebuah film atau drama yang kita tonton. Penggunaan subtitle juga sangat membantu penonton tunarungu untuk memahami maksud dari video.

Buat kamu yang masih belum tahu cara membuat subtitle, sebaiknya simak artikel ini sampai selesai ya. Kita akan belajar cara membuat subtitle di YouTube dan juga HP android. Oh ya, kamu juga akan belajar cara menerjemahkan subtitle sekaligus. Menarik bukan?

Cara Mudah Subtitle di YouTube dan Android Plus Cara Menerjemahkannya

Subtitle merupakan tulisan yang menjelaskan setiap perkataan dari suatu video. Secara umum, fungsinya agar para penonton mengerti isi percakapan di dalam video. Misalnya, kamu dan teman-teman sedang menonton film Hollywood di bioskop, maka subtitle ini mampu memperjelas bagi para penonton, khususnya yang tidak mengerti bahasa asing, dengan menyajikan tulisan percakapan di setiap adegan film.



Manfaat Subtitle pada Video

Bila kamu ingin videomu ditonton hanya untuk para penonton lokal, mungkin kamu tidak membutuhkan subtitle, geng. Namun, faktanya para penonton YouTube ada lho yang dari kalangan teman-teman tunarungu. Adanya subtitle sangat membantu mereka menikmati sebuah video.

Berikut ini adalah beberapa manfaat subtitle pada video, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan isi percakapan dalam bentuk teks.
  2. Cocok untuk video bilingual.
  3. Menjangkau penonton tunarungu.

Kalau kamu adalah seorang content creator atau video maker, maka penting untuk kamu melengkapi videomu dengan membuat subtitle, geng. Hal ini memberikan kesempatan agar videomu ditonton banyak pemirsa dari berbagai kalangan, termasuk orang luar negeri sekalipun.

Cara Membuat Subtitle di YouTube dan Android

Masing-masing dari pilihan membuat subtitle di YouTube atau Android memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri lho, geng. Ketika membuat subtitle di YouTube, kamu dapat menyingkat waktu namun tidak cocok untuk menjangkau penonton mancanegara.

Di sisi lain, membuat subtitle di Android lebih sederhana karena tidak harus menggunakan PC atau laptop. Kamu dapat membuat video sekaligus mencantumkan subtitle ke dalamnya. Namun, cara ini lebih lama prosesnya dibandingkan dengan membuatnya di YouTube.

Membuat Subtitle di YouTube

Pastikan koneksi internet kamu stabil untuk membuat subtitle di platform ini. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Kamu harus membuka akun YouTube dan klik video manager.
  2. Pilihlah video yang akan kamu tambahkan subtitle di dalamnya.
  3. Kemudian, klik ikon segitiga terbalik di sebelah kata Edit.
  4. Pilih Subtitles/CC. Tentukan bahasa yang akan kamu gunakan untuk subtitle video.
  5. Kemudian, Pilih Add Subtitles/CC untuk menambahkan bahasa.
  6. Selanjutnya, kamu akan menemukan tiga pilihan untuk menambahkan subtitle.
  7. Ketiga pilihan tersebut adalah unggah file, transkripkan, dan sinkron otomatis. Selain itu juga ada tombol buat subtitles/CC baru.
  8. Pilihlah Buat subtitles/CC baru untuk menambahkan subtitle ke dalam video.
  9. Ketik kalimat-kalimat yang akan kamu jadikan teks subtitle, geng.
  10. Klik tombol plus (+) pada layar.
  11. Ulangi cara 2 sampai 6 yang disesuaikan dengan jumlah teks subtitle yang dibutuhkan, geng. Setelah semuanya selesai, klik Submit.

Membuat Subtitle di Android

Tidak ingin ribet mengedit subtitle di laptop, geng? Sekarang kamu dapat menggunakan HP berbasis Android untuk membuat subtitle. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Instal aplikasi penyedia layanan subtitle seperti Easy Subtitles di Play Store.
  2. Bukalah aplikasi yang terinstall tersebut.
  3. Unggah video yang ingin ditambahkan subtitle.
  4. Aturlah teks subtitle yang kamu inginkan.
  5. Setelah semuanya selesai, kamu dapat mengunduh hasil edit video dan subtitle.

Cara Menerjemahkan Subtitle

Ini nih cara yang kamu cari untuk menerjemahkan subtitle bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris. Apalagi kalau kamu suka dengan film-film Hollywood atau Drama Korea. Kamu hanya cukup menggunakan layanan Google Translate, geng.

Berikut cara menerjemahkan subtitle melalui Google Translate.

  1. Tentukan subtitle bahasa asing yang ingin kamu terjemahkan.
  2. Gunakan notepad untuk membuka file subtitle.
  3. Copy semua isi teks subtitle yang diinginkan.
  4. Paste teks tersebut ke dalam Google Translate.
  5. Buatlah file Notepad baru kemudian paste hasil terjemahannya.
  6. Kemudian, simpanlah file tersebut dalam format encoding UTF-18 dan .srt
  7. Selamat! kamu sudah berhasil menerjemahkan subtitle.

Previous Post Next Post